Pengertian 5 M Dalam Kurikulum 2013 
  
  
 Tujuan pelaksana kurikulum 2013 di sekolah
 
  
 Perbedaan Mendasar Kurikulum 2013 dan Kurikulum sebelumnya
 
  
 K2013 Momentum Penataan Praksis Pendidikan
 
  
 Selengkapnya silahkan download file di bawah ini :
  
 Seorang guru harus mengenal software menyerupai microsoft word, microsoft excel, dan microsoft power pont yang sering di gunakan dalam mengerjakan manajemen kelas menyerupai dalam memakai aplikasi raport dengan deskripsi, aplikasi pembuatan RPP, aplikasi pembuatan prota, aplikasi KKM, dan Aplikasi penilaian K13.
 |  | 
| Alur acara pelaksana kurikulum di sekolah | 
 Implementasi kurikulum yaitu perjuangan bersama antara Pemerintah dengan pemerintah tempat provinsi dan pemerintah tempat kabupaten/kota. Baca juga mengenai Administrasi Pembelajaran Kurikulum 2013
  Pemerintah bertanggungjawab dalam mempersiapkan guru dan kepala sekolah untuk melaksanakan kurikulum.
  Pemerintah bertanggungjawab dalam melaksanakan penilaian pelaksanaan kurikulum secara nasional.
  Pemerintah provinsi bertanggungjawab dalam melaksanakan supervisi dan penilaian terhadap pelaksanaan kurikulum di propinsi terkait.
  Pemerintah kabupaten/kota bertanggungjawab dalam memperlihatkan dukungan profesional kepada guru dan kepala sekolah dalam melaksanakan kurikulum di kabupaten/kota terkait.
 |  | 
| Faktor Sukses Impelentasi K13 | 
 Memiliki perilaku yang terbuka untuk mendapatkan Kurikulum 2013.
  Memiliki pemahaman yang mendalam perihal Kurikulum 2013 (rasional, elemen perubahan, SKL, KI dan KD, serta taktik implementasi.
  Pendekatan berbasis pada scientific approach untuk mendorong kreativitas
  Keutuhan antara kompetensi Pengetahuan, Keterampilan, dan Sikap
  Keutuhan antara Kurikuler, ko-kurikuler dan ektra-kurikuler 
  Penilaian capaian siswa dengan memakai deskriptif kualitatif dan numerik kuantitaif
  Tematik Terpadu untuk SD
  Pendekatan IPA dan IPS dari partitif agregatif menjadi melebur terintegrasi (liquid Integratif)
  Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
  Objek Pembelajaran: Fenomena alam, sosial, dan seni budaya
 |  | 
| Penataan Guru Pemegang K13 | 
 Penataan sistem perbukuan: 
  Substansi (dikendalikan eksklusif Kemdikbud, tidak diserahkan melalui prosedur pasar)
  Aspek, Ketersediaan, dan Keterjangkauan
  Gratis 
  Penataan LPTK dalam penyiapan dan pengadaan guru
  Substansi pendidikan
  Manajemen pengembangan
  Penataan Pelatihan Guru Berkelanjutan 
  Peningkatan kapasitas dan profesionalitas (pelatihan berkelanjutan)
  Peningkatan Kinerja (pengukuran kinerja)
  Peningkatan Karir dan kesejahteraan (kesejahteraan)
  Memperkuat budaya sekolah:
  Pengintegrasian kurikuler, ko-kurikuler, ekstra kurikuler
  Penguatan tugas BK
  Pembenahan manajemen sekolah terutama pemanfaatan akomodasi sekolah
  Perubahan Pendekatan pada mulai dari bahasa Indonesia, PPKN, IPA, IPS
  Memperkuat integrasi pengetahuan-bahasa-budaya
  Memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia.
 Dwonload File Via | Google Drive
 Demikian Uraian singkat mengenai Strategi Implementasi Pelaksana Kurikulum 2013 di sekolah agar sanggup menjadi materi pembelajaran kepala sekolah dan guru. 
 
Advertisement
 
