Info Terbaru 2022

5M Dalam Pembelajaran Kurikulum 2013

5M Dalam Pembelajaran Kurikulum 2013
5M Dalam Pembelajaran Kurikulum 2013
Administrasi K13 guru SD - Kurikulum berdasarkan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 1 Ayat (19) yaitu seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan materi pelajaran serta cara yang dipakai sebagai pedoman penyelenggaraan aktivitas pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

Memahami pengertian 5M Kurikulum 2013 merupakan langkah lanjutan pengembangan kurikulum berbasis Kompetensi yang telah dirintis pada tahun 2004 dan KTSP 2006 yang meliputi kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara terpadu. Tuntutan pendidikan yang mengacu kepada 8 Standar Nasional Pendidikan yang meliputi standar pengelolaan, standar biaya, standar sarana pra sarana, standar pendidik, dan tenaga ke pendidikan, standar visi, standar proses, standar penilaian, dan standar kompetensi kelulusan.
 yaitu seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan 5M Dalam Pembelajaran Kurikulum 2013
Dengan perubahan kurikulum sekolah dari KTSP menjadi kurikulum 2013, maka elemen perubahan di kelas inti yaitu proses pembelajaran. Pada kurikulum sebelumnya proses pembelajaran menekankan "Guru memberi tahu" maka proses pembelajaran menjelma model pembelajaran "siswa mencari tahu".


Kompetensi ini dirancang seiring dengan meningkatnya usia guru pada kelas tertenu. Melaluli kompetensi inti, integrasi vertikal banyak sekali kompetensi dasar pada kelas yang berbeda sanggup dijaga. Rumusan Kompetensi inti memakai notasi sebagai berikut :

Kompetensi Inti -1 (KI-1) untuk kompetensi inti perilaku spiritual,
Kompetensi Inti -2 (KI-2) untuk Kompetensi Inti perilaku sosial,
Kompetensi Inti -3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan, dan
Kompetensi Inti - 4 (KI-4) untk kompetensi inti keterampilan.

Penyempurnaan pola pikir perumusan kurikulum :

KTSP
Standar Kompetensi Lulusan diturunkan dari Standa Isi
Standar Isi dirumuskan berdasarkan Tujuan Mata Pelajaran (Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran) yang dirinci menjadi Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran. (klik)
Pemisahan antara mata pelajaran pembentukan sikap, pembentukan keterampilan, dan pembentukan pengetahuan.
Kompetensi diturunkan dari mata pelajaran.
Mata pelajaran lepas satu dengan yang lain, menyerupai sekumpulan mata pelajaran terpisah.
Kurikulum 2013
Standar Kompetensi Lulusan diturunkan dari kebutuhan
Standar Isi diturunkan dari Standar Kompetensi Lulusan melalui Kompetensi Inti yang bebas mata pelajaran.
Semua mata pelajaran harus berkontribusi terhadap pembentukan sikap, keterampilan, dan pengetahuan.
Mata pelajaran diturunkan dari kompetensi yang ingin dicapai
Semua mata pelajaran diikat oleh kompetensi inti (tiap kelas)

Langkah Penguatan Proses Kurikulum 2013


1. Proses Pembelajaran Karakteristik Penguatan :

Menggunakan pendekatan saintifik melalui mengamati, menanya, mencoba, menalar.
Menggunakan ilmu pengetahuan sebagai pelopor pembelajaran untuk semua mata pelajaran. · Menuntun siswa untuk mencari tahu, bukan diberi tahu (Discovery Learning)
Menekankan kemampuan berbahasa sebagai alat komunikasi, pembawa pengetahuan dan berfikir logis, sistemais, dan kreatif.
Pemahaman 5M dalam K13

2. Proses Penilaian Karakteristik Penguatan :

Mengukur tingkat berfikir siswa mulai dari rendah hingga tinggi,
Menekankan pada pertanyaan yang membutuhkan pemikiran mendalam (bukan sekedar hafalan),
Mengukur proses kerja sswa, bukan hasil kerja siswa, memakai portofolio pembelajaran siswa.

5M Dalam Kurikulum 2013

Elemen Perubahan kurikulum 2013 sangat signifikan alasannya yaitu sasaran yang harus dicapai yaitu aksara akseptor didik, dalam memahami 5m dalam K13 berdasarkan permendikbud no 63 harus benar-benar diimplementasikan di sekolah.

Perubahan yang terjadi pada kurikulum 2013 yaitu sebagai berikut :
  • Standar Isi (SI) 
  • Standar Proses (SPr) 
  • Standar Kompetensi Lulusan (SKL) 
  • Standar Penilaian (SPn)
Elemen Perubahan Jenjang Sekolah Dasar

1. Kompetensi Kelulusan :

Adanya peningkatan dan keseimbangan Soft Skills dan Hard Skill yang meliputi aspek kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan.

2. Kedudukan mata pelajaran (ISI) :

Kompetensi yang semula diturunkan dari mata pelajaran menjelma mata pelajaran (Klik) dikembangkan dari kompetensi.

3. Pendekatan (ISI) :

Tematik integratif dalam semua mata pelajaran

4. Struktur Kurikulum (Mata pelajaran dan alokasi waktu) :

Holistik berbasis sains (alam, sosial, dan budaya)
Jumlah mata pelajaran dari 10 menjadi 6
Jumlah jam bertambah 4 Jam pelajaran/minggu akhir perubahan pendekatan pembelajaran

5. Proses pembelajaran :

Standar proses yang semula terfokus pda Eksplorasi, Elaborasi, dan konfirmasi dilengkapi dengan mengamati, menanya, mengolah, mengkaji, menyimpulkan, dan mencipta
Belajar tidak hanya terjadi diruang kelas, tetapi juga di lingkungan sekolah dan masyarakat.
Guru bukan satu-satunya sumber belajar.
Sikap tidak diajarkan secara verbal, akan tetapi melalui pola dan teladan.
Tematik terpadu

5M K13

Dalam blog kami terdapat file lengkap dengan banyak sekali bentuk format yang bisa anda download di bawah ini :

Download Halaman File Via | Administrasi Pembelajaran Kurikulum 2013
Download Pembelajaran 5 M saintifik kurikulum 2013

Demikian uraian diatas admin sajikan untuk anda biar menambah wawasan dan isu khusus nya kepada Bapak/ibu guru sekolah yang sudah menjalankan Program Kurikulum 2013.
Advertisement

Iklan Sidebar